Artikel
Kembali ke artikel

Tungau debu mempengaruhi alergi dengan cara yang berbeda.

Tungau debu adalah mahkluk hidup seperti laba - laba yang berukuran mikroskopis dimana tinggal di perabotan rumah tangga seperti matras, karpet, tirai, ranjang atau perabotan terlapisi. Bahkan kebanyakan dari kita tak menyadari jumlah atau kuantitas dari Tungau debu yang tinggal bersama dengan kita setiap harinya. Tungau debu dan kotoran Tungau debu dapat menyebabkan bertambah beratnya matras selama sepuluh tahun.

Salah satu penyebab utama dari alergi asmatik adalah sarang Tungau debu. Orang - orang yang alergi terhadap Tungau debu, dapat memicu inflamasi di saluran hidung dan atau pembuluh pernafasan.

Tungau debu mempengaruhi alergi pada orang - orang dengan cara yang berbeda.

Orang yang mengidap albinoisme dua kali berpotensi terkena alergi terhadap Tungau debu dibandingkan individu lain. Penelitian lain mendapati fakta adanya eksema pada anak - anak, khususnya bayi bisa mengalami kesakitan oleh adanya Tungau debu dan menyebabkan iritasi kulit. Selain itu Tungau debu dapat menyerang hewan piaraan anda juga. Alergi Tungau debu sangat lazim pada kucing dan anjing dimana mereka menghabiskan mayoritas waktunya di dalam ruangan. Hewan piaraan dalam ruangan tertutup dapat menjadi korban dari Tungau debu. Jika anda melihat anjing atau kucing anda sering menggaruk - garuk dan terus - menerus, mungkin anda bisa menghubungi dokter hewan, karena ini merupakan gejala dari alergi Tungau debu pada hewan piaraan.

Salah satu cara mengurangi alergi Tungau debu adalah merubah tata letak lingkungan di rumah. Cara lain bagi penderita alergi dalam ruangan adalah membasmi pemicunya Tungau debu. Suatu cara yang sederhana dalam mengendalikan Tungau debu termasuk mencuci seprei kasur, selimut, pelembut, bantal dan sarung bantalnya dengan air panas dari waktu ke waktu. Akan tetapi, cara yang lebih ekstrem lagi dalam membasmi Tungau debu bagi penderita alergi Tungau debu yang serius adalah mengganti semua karpet dari kamat tidur anda. Anda mungkin juga akan mempertimbangkan untuk menggunakan wool atau bahan yang berbahan wool pada tempat tidur anda. Bahan wool menjaga kelembaban dan bertindak sebagai pembasmi alami bagi Tungau debu.

Karena Tungau debu cenderung berada di daerah yang lembab dan berkembang pesat dengan memakan sel kulit mati manusia, maka disarankan penderita alergi Tungau debu untuk menyedot lantai karpet secara berkala. Walaupun, dengan menggunakan alat pelengkap tambahan pada tempat duduk yang umum, seperti sofa, kursi, tirai, dan permadani tidak bisa membasmi mereka.

Ada beberapa studi baru yang dilakukan untuk memahami dampak Tungau debu dan kemampuan sistem kekebalan dalam mengatasi alergi tugau debu. Meskipun kebanyakan penelitian tentang Tungau debu rumahan atau House Dust Mite telah menggunakan binatang pengerat; sebaliknya studi terbaru menggunakan domba. Studi tersebut telah berusaha untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan pemahaman tentang efek kekebalan dari House Dust Mite. Meski studi tersebut masih dalam proses, namun ada beberapa langkah besar pada teknologi ini dalam membasmi Tungau debu, yaitu penutup matras Tempur-pedic terry-velour yang didesain menjadi resistant (melawan) terhadap Tungau debu. Teknologi lainnya adalah mesin pembersih virus terbaru. Mesin yang sangat bertenaga ini telah terbukti efektif dalam membasmi virus yang ada di udara dan bakteri patogen. Serta, alat ini memiliki sistem penyaring lima lapis dimana dapat menghilangkan serbuk sari dan Tungau debu.

Kebanyakan penderita alergi Tungau debu dan bagi mereka yang memiliki alergi telah beradaptasi dengan situasi mereka. Mereka mulai memandang alergi Tungau debu sebagai demam satu tahunan. Akan tetapi, ada beberapa cara untuk mengurangi Tungau debu di dalam rumah anda. Dengan menggunakan taktik sederhana akan berdampak besar dalam meningkatkan kualitas tempat tinggal anda tidak hanya selama bulan - bulan musim dingin saja saat orang - orang berada didalam rumah,tapi selama setahun penuh. Ingatlah, Tungau debu cenderung berada di daerah yang lembab dimana dipersubur oleh sel kulit mati manusia. Maka, sangatlah penting untuk selalu menyedot dan membersihkan daerah ini secara berkala.

Kembali ke artikel
Bagikan artikel ini:

Hubungi kami

Hubungi kami sekarang dan basmi tungau untuk kebersihan serta kesehatan keluarga Anda.
Jakarta:
0813 1052 2111 (WA), 0851 0151 2727
Bandung:
0812 2483 1122 (WA), 0857 2112 5588
Surabaya:
0815 5359 7071 (WA), 0813 5785 2277